Skip to main content

ROH MANI ROHIM (Hulu Hilir Cinta)



Ada yang iseng menafsirkan bahwa bayi menangis ketika lahir adalah karena menyesal mengetahui Bapaknya kok itu. Ada perjanjian pribadi dengan Tuhan hal rancangan hidup di dunia, tetapi tidak ada klausul di mana sebelum menjadi bayi, manusia berhak memilih lahir dari Bapak dan Ibu yang mana.

Apalagi memilih dilahirkan dengan berkebangsaan apa dan ditaruh oleh Tuhan di Negara mana. Sebelum menjadi bayi, manusia memiliki pengetahuan yang prima tentang muatan ruang dan waktu, tetapi ada pasal di mana begitu ia lahir: Tuhan membuatnya lupa pada seluruh pengetahuan itu. Sehingga tugas utama lahir di dunia adalah meneliti.

Puncak penelitian setiap orang dirumuskan “man ‘arafa nafsahu faqad ‘arafa Robbahu”. Barangsiapa menemukan dan mengerti dirinya, maka ia menemukan dan mengerti Tuhan Pengasuhnya. Tentu saja itu dialektis dengan sebaliknya: “man ‘arafa Robbahu faqad ‘arafa nafsahu”.

Aku hidup tidak untuk memenuhi keinginanku. Bukan untuk melampiaskan nafsuku. Bukan untuk menggapai ambisi dan cita-citaku. Bukan untuk menempuh karier pribadiku. Bukan untuk memanjat kursi kekuasaan atas manusia lain. Bukan untuk mendaki puncak gunung sukses dan kekayaan. Aku hidup untuk memastikan penyatuan diriku kembali dengan Diri Sejati mata air ada-ku.

Jangan hadapi dinamika getaran ini dengan pertanyaan linier dan statik-materialistik “duluan mana menemukan Tuhan atau diri?”. Waktu adalah gelembung-gelembung. Ruang bukan kekosongan yang terlihat dari titik pijak benda yang mandek. Penglihatan indera mata terhadap benda hanyalah di lingkup Ilmu Katon. Dan barang katon adalah realitas paling luar dan paling menipu dari indahnya ketakterbatasan roh.

Untung Tuhan selalu sangat dermawan, santun, care dan penuh kasih sayang. Itulah sebabnya di tahap awal saja ia hadir sebagai “Ilah”: Maha Sesembahan, misalnya ketika manusia bersyahadat. Sesudah itu Ia menyertai manusia sebagai “Rabb”, Maha Pengasuh, Maha Penyantun, Maha Mengayomi. Kemudian default kehadirannya adalah Rahman dan Rahim, Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Bahkan ‘allamal insana ma lam ya’lam. Ia rajin, tekun dan Maha Sabar mengajari manusia apa yang ia belum ketahui. Sel-selku dipacu untuk berkembang biak. Setiap partikel jasadku didorong untuk memuai dan berevolusi. Dari janin aku dikawal dan dididik untuk menjadi jasad. Selama berenang-renang dalam perut Ibuku, Ia menandu bagaimana memelihara kehidupan melalui tali pusarku.

Bahkan kemudian Ia memberi instruksi tatkala tiba momentum di mana aku harus keluar dari rahim Ibu. Aku bekerja keras, dibantu oleh Ibuku yang mengejan dengan rasa sakit yang luar biasa. Penderitaan selama melahirkanku itu yang membuat Ibu kusetori cinta tiga kali sebelum Bapakku. Akhirnya aku lahir ke dunia yang terasa sangat asing dan wajahnya berupa tanda tanya raksasa, sehingga aku menangis. Lantas Bapakku melantunkan adzan, yang di balik kalimat-kalimatnya, seolah Bapakku berkata kepadaku: “Jangan khawatir Nak, Ibu dan Bapak menemanimu untuk berjuang menggapai kemenangan”. Hayya ‘alal falah.

Bisa jadi itu tangis penyesalan dan penderitaan. Pada sebagian manusia lain mungkin itu tangis kelegaan dan kegembiraan. Mungkin penyesalan kenapa ia tak dijadikan sehelai bunga saja, mekar beberapa saat untuk memastikan dan mengantarkan datangnya bebuahan. Atau kegembiraan bodoh yang mensyukuri bahwa ia tak ditakdirkan menjadi anjing, melainkan jadi manusia.

Manusia memanggul tanggung jawab, sedangkan anjing merdeka. Manusia bergelimang dosa, anjing tak berurusan dengan dosa atau pahala. Di tengah proses penelitianku tentang “tangis apa yang bersuara dari tenggorokan dan mulutku ketika lahir” – kudengar setiap saat Ibu, Bapak, dan keluargaku membunyikan suara-suara yang kelak kuketahui bahwa itu adalah kata dan Bahasa. Konkretnya: kata Jawa dan Bahasa Jawa Timuran.

Sebenarnya tatkala Bapakku beradzan, aku tak mengerti bunyi apa itu. Sebab memang perjanjiannya, sesudah Transformasi Sulbi, Allah memendam seluruh pengetahuan dan wacanaku di bawah “tanah” atau di lubuk “sukma”, serta menabirinya dengan hijab rahasia. Itulah sebabnya begitu lahir, profesi otentikku adalah meneliti kembali. Sejumlah kata Jawa tertanam ke dalam memori dan menjadi pemahamanku sedikit demi sedikit. Bahasa Jawa Timur adalah bahasa Ibuku.

Di tengah tahap itu kudengar kata dan kalimat rutin dari Bahasa lain yang asing bagi tradisi Bahasa Ibuku: “bismillahirrohmanirrohim” dan banyak lagi. Secara naluriah aku menjadi hapal: “Bismillahi”. Kemudian “roh”. Lantas “mani”. Dan “rohim”, atau sering diucapkan menjadi “rahim”. Samar-samar aku menangkap semacam alur: asma, Allah, roh, mani, rahim…. Pemahaman awal yang kuperoleh adalah semacam pengetahuan bahwa kehidupan adalah prakarsa Allah, yang kukenal dari asma-Nya, meniupkan roh-Nya, setetes air mani bergerak-gerak, mencari jodohnya pada dinding yang kokoh di rahim Ibu.

Kelak secara bertahap mulai kupahami seluruh kelengkapan eksistensi Allah yang tiada batasnya sehingga dipermudah untukku menjadi hanya 99. Mulai kuhayati di antara seluruh fungsi-Nya, berbagai-bagai kehadiran-Nya serta ragam-ragam peran-Nya – ia pilihkan yang utama, default dan primer adalah Rahman dan Rahim. Cinta yang bukan hanya luas, tapi senantiasa meluas. Kasih sayang yang bukan hanya sangat dalam, tapi selalu makin mendalam.

Kemudian tahap demi tahap keindahan itu kutelusuri, kuteliti dan kunikmati, hingga hari ini. Ah, dari yang paling hulu hingga yang terhilir, tema kehidupan ini dirancang, diciptakan dan diperjanjikan semata-mata untuk percintaan dan kemesraan. Sesekali kudengarkan hiruk-pikuk dunia, dan manusia mempertengkarkan entah apa saja. Terkadang aku menangisi mereka, di saat lain aku tertawa, terpingkal-pingkal sampai bercucuran air mata. 


Jakarta, 17 September 2017
Emha Ainun Nadjib
#Khasanah

https://www.caknun.com/2017/roh-mani-rohim/

Comments

Popular posts from this blog

MATI KETAWA CARA REFOTNASI(4)

Seri PadangBulan (87) MATI KETAWA CARA REFOTNASI Bagian 4 ------------------------------------------------------------------------ Jangan Mau Jadi Akar. Kalau Pohon tak Berbuah Blimbing Tidak ada satu forum, jamaah maupun komunitas rakyat yang tidak bertanya dan menggelisahkan soal lahirnya terlalu banyak partai politik dewasa ini. Saya wajib menjawab sebisa-bisanya. "Begini lho, pohon itu kalau tak ada akarnya kan tidak akan tumbuh. Partai yang akar dukungannya dari rakyat tidak mantap, tentu mati sendiri. Kita harus jadi akar pohon yang mana. Lha selama ini Anda-Anda sudah bertemu dengan parpol yang mana?" "Belum ada." "Belum ada parpol yang bertamu ke rumah Anda?" "Belum!!" "Belum ada parpol yang melamar hati rakyat?" "Belum!!" "Belum ada parpol yang melakukan pendidikan politik langsung di kampung Anda ini?" "Belum!!" Selama Orde Baru kebanyakan Anda menjadi akar pohon besar rindang namun tidak ada buah

BANI ZAHID VAN KAUMAN

Setetes makna dari Al-Quran bisa menjadi tujuh samudera ilmu bagi kehidupan kita. itu pun, kalau kita syukuri: La adzidannakum, akan Kutambah lagi, kata Allah. Lebih dari itu, tetes ilmu itu dengan kehidupan kita terus 'bekerja' untuk menjadi ilmu demi ilmu lagi. Sungguh Allah membimbing kita untuk menjadi 'arif (mengetahui) dan 'alim (mengerti), bahkan 'amil, pekerja dari pengetahuan dan pengertian dari-Nya itu. Maka, di hari kedua 'kopi Al-Quran', bertamulah ke rumah kontrakan saya seorang tua yang saleh. Bersepeda, memakai sarung, berpeci, sehat dan penuh senyum ceria. Betapa kagetnya saya! Sudah beberapa bulan ini saya straumatik' terhadap setiap tamu: begitu ada 'kulo nuwun' Iangsung saya merasa akan ditodong, dirampok, diperas . Tetapi kedatangan abah tua ini terasa sebagai embun yang menetesi ubun-ubun saya. Sambil rnenyalami beliau, saya bertanyatanya dalam .hati: "Pantaskah saya mendapat kehormatan ditamui seorang yang sampai usia s

MOHON BERSABAR

Seri PadangBulan (98) MOHON BERSABAR ------------------------------------------------------------------------ Markas Hamas, Padangbulan, Kiai Kanjeng, Cak Nun, (tempat program-program "Shalawat, Bernyanyi, Pendidikan Politik, Jamaah Ekonomi, Silaturahmi Kebangsaan danKemanusiaan" digodog) memohon dengan sangat para pengundang di bawah ini (yang terdaftar sampai 10 Nopember 1998) bersabar menunggu giliran jawaban. Undangan acara-acara terpaksa dimohon kearifannya untuk diskedul seirama dengan effisien dan effektifnya route perjalanan acara Cak Nun/Hamas/Kiai Kanjeng. Setiap lingkaran wilayah dirangkaikan menjadi satu putaran, agar mondar-mandirnya Cak Nun/Hamas/Kiai Kanjeng tidak terlalu boros waktu dan tenaga. Sehari maksimal 5 (lima) acara yang diperhitungkan pembagian waktunya di suatu lingkaran wilayah yang bisa dijangkau. Yang manusiawi sepertinya cukup 3 (acara) dalam sehari. Contoh terakhir (10 Nopember 1998), acara Cak Nun/Kiai Kanjeng/Hamas di Undip, kemudian IAIN &qu